Kamis, 04 April 2013

TUGAS CV. BEST SEED KEDU



CV. BEST SEED KEDU
Jalan Kedu Ngemplak Kode Pos 56252 Telp. (085) 703703
TEMANGGUNG



A.    Struktur Organisasi

Gambar 2 : Struktur Organisasi



  

Visi Dan Misi Perusahaan
ü  Visi:
Untuk memperkuat Posisinya sebagai salah satu perusahaan sayuran nomor satu di Indonesia  yang menyangkut dengan pembangunan pertanian Indonesia.

ü  Misi:
 Untuk menyediakan produk dan layanan yang inovatif yang akan membantu meningkatkan pendapatan petani dan mendorong pertumbuhan dan kualitas industri petani sayuran.

Komitmen

Kami selalu mendukung perkembangan industri benih di Indonesia. Kami meningkatkan kualitas dan kuantitas benih terus menerus melalui inovasi dan teknologi disesuaikan. Kami selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para petani kita. Kami selalu berpikir tentang kesehatan generasi kita. Kami adalah perusahaan dengan tata kelola yang baik bekerja sama.

Alur aktifitas pemuliaan varietas tanaman

Pada kegiatan pemuliaan tanaman untuk mendapatkan varietas yang dibutuhkan oleh masyarakat maka sebelum melakukan kegiatan pemuliaan tanaman dilakukan surve pasar sehingga dapat mengetahui produk apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan menggunakan kekayaan plasma nutfah yang dimiliki, kemudian melakukan pemuliaan dengan cara seleksi dan persilangan. Setelah mendapatkan varietas selanjutnya di uji daya hasil produksi dari varietas tersebut. Jika dari uji daya hasil produksi varietas tersebut memenuhi standart maka dilakukan uji adaptasi di daerah dataran rendah, dataran menengah dan dataran tinggi untuk mengetahui daerah mana yang cocok untuk varietas tersebut sehingga hasil produksi dapat maksimal. Setelah uji adaptasi tersebut maka ditemukan varietas baru yang dibutuhkan oleh masyarakat

Produk Perusahaan
Produk dari perusahaan ini adalah berupa  benih dari hasil persilangan sehingga mendapatkan varietas-varietas yang bermutu tinggi yang sangat produktif, tahan penyakit dan disukai pasar. Semua tanaman baik dataran rendah, menengah maupun tinggi misalnya tomat, terong, wortel, cabai, paria dan mentimun.

Kegiatan dalam perusahaan
1.      Budidaya tanaman, terdiri dari :
-          Persiapan lahan
-          Pemeliharaan tanaman
-          Polinasi
-          Panen
-          Kegiatan PLP (pasca lepas panen)

2.      Seed Operation, terdiri dari :
-         Stock Seed (Perbanyakan tetuanya)
-         Produksi
-         Plant
-         Quality Control

3.      Kegiatan Produksi, terdiri dari :
-         Rekruitmen kerjasama dengan petani
-         Seleksi dan identifikasi lahan produksi
-         Pembinaan kepada petani

4.      Procesing, terdiri dari :
-         Pemilihan benih secara fisik
-         Penyimpanan
-         Pengujian
-         Pengemasan

5.      Packing, terdiri dari :
-         Jenis kemasan
#Kemasan kaleng
#Kemasan pouch (sachet)
-         Penimbangan
-         Pemberian label
-         Pengisian

Pengelolaan SDM
Untuk standar pegawai dari perusahaan ini tergantung dari jabatan yang diduduki oleh orang tersebut. Perusahaan ini menggunakan sumber daya manusia yang ada disekitar wilayah Kedu, seperti Kavling, Ngemplak, Irawanan, dan daerah-daerah lain yang masih satu kecamatan Kedu. Untuk pegawai harian perusahaa yang bekerja di perusahaan ini minimal harus lulusan SD dan lulus tes yang diberikan oleh perusahaan ini,jika diterima maka akan diterima sebagai pegawai kontrak yang di kontrak selama 3 bulan. Jika kerjanya bagus maka orang tersebut akan di panggil lagi untuk mengikuti tes wawancara dan di kontrak lagi selama 3 bulan dan begitu seterusnya.Untuk pegawai bulanan/pegawai tetap perusahaan ini minimal harus lulusan SMP,lulus tes yang diberikan perusahaan dan minimal sudah bekerja di perusahaan ini minimal 5 tahun.Untuk jabatan mandor minimal pendidikan diploma 3 dan lulus tes dari perusahaan.

Untuk orang yang menduduki jabatan mandor atau supervisor biasanya tidak langsung diterima sebagai pegawai tetap tapi diterima sebagai kontrak yang di kontrak selama 2 tahun,jika orang tersebut kerjanya bagus maka setelah 2 tahun baru di tetapkan sebagai pegawai tetap.Untuk standar bekerja di perusahaan ini adalah 5 hari kerja yang setiap harinya bekerja selama 8 jam dengan jam istirahat 1,5 jam.

SISTEM PEMASARAN
System pemasaran di perusahaan ini yaitu dengan cara mengirimkan benih kepada pelanggan. Para pelanggan dapat memesan benih yang dibutuhkan melalui telepon atau fax. Pemasaran dilakukan dengan system pengiriman atau datang langsung ke perusahaan. Pemasaran sudah meluas hampir seluruh Jawa Tengah antara lain: Semarang, Magelang, Wonosobo, Purwokerto, Banjarnegara, Kendal, Klaten dan lain-lain.

Sistem Pemasaran Menggunakan Sistem Kemitraan.
(1)  Sistem kemitraan yang diterapkan oleh CV. Best Seed Kedu  dengan petani adalah sistem subkontrak, yang dituangkan dalam surat kontrak kerjasama, mencakup volume biji, harga jual benih, standar mutu benih dan juga waktu penyetorannya
(2)  Penggunaan biaya produksi usahatani mentimun OP melalui kemitraan dengan CV. Best Seed Kedu di Kecamatan Karangtejo Kabupaten Temanggung adalah efisien
(3)  Pendapatan usahatani mentimun OP bermitra dengan CV. Best Seed Kedu adalah menguntungkan
(4)  Urutan faktor-faktor yang. menjadi prioritas petani untuk melakukan kemitraan dengan CV. Best Seed Kedu adalah:
(1) pendapatan yang tinggi (15.21%);
(2) jaminan pasar (14.45%);
(3) sistem pembayaran (14.26%);
(4) jaminan modal (13.21%);
(5) bimbingan teknis budidaya (12.26%);
(6) bimbingan teknis pasca panen (11.31%);
(7) ketersediaan saprodi (11.22%);
(8) keterbukaan pihak pengusaha (8.08%).

0 komentar:

Posting Komentar

TIC TAC TOE